Minggu, 28 Oktober 2012

Google SketchUp, Software for Drawing 3-dimensional



Google Inc. adalah perusahaan peramban dunia maya yang asal mula didirikan oleh duet mahasiswa cerdas dari Universitas Stanford, yaitu Larry Page dan Sergey Brin pada 04 September 1998 di Menlo Park, California. Sejak awal, misi perusahaan ini adalah "To organize world's Information and make it universally accessible and useful" (Untuk mengatur seluruh informasi didunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang). Kalimat "berguna bagi semua orang" sengaja digaris bawahi disini karena memang bukanlah omong kosong atau sebuah slogan semata. Google sudah membuktikannya!, banyak "kemurahhatian" yang diberikan Google untuk semua penggunanya.


Seperti aplikasi Surat Elektronik/Email yang diberi nama Gmail yang memiliki  kapasitas sebesar 10 Gb (gigabyte) untuk menyimpan email...Wow !, jasa publikasi situs pribadi yaitu Blogger dimana salah satunya adalah blog keren yang sedang anda baca sekarang....hehehe, aplikasi SketchUp Software untuk menggambar visualisasi 3-Dimensi yang akan kita bahas sebentar lagi , dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang bermanfaat dan semuanya kebanyakan adalah Free alias gratis!. Tidak ada tujuan komersil dalam bahasan kali ini, tapi sebagai apresiasi dan rasa terimakasih kepada Google Inc. karena aplikasi-aplikasi mereka telah banyak membantuku dalam pekerjaan sehari-hari. ;)

Kita langsung saja membahasnya, SketchUp adalah program untuk menggambar yang menampakkan visualisasi 3-Dimensi (3-dimensi adalah bentuk ruang/benda yang mempunyai lebar, panjang dan tinggi), kali pertama diluncurkan tahun 2000 untuk versi ke-1 dan pada tahun 2012 sekarang sudah  dibuatkan versi ke-8. Kelebihan program ini sangat Intuitif, sangat mudah digunakan dan ringan saat dijalankan pada PC/komputer. Sebagai catatan untuk kebutuhan software dan hardware minimum agar SketchUp dapat dijalankan secara optimal pada PC anda , maka dapat dilihat penjelasannya di http://support.google.com/sketchup. Selain itu aplikasi ini sangat berguna sekali untuk perencanaan arsitektur, civil, mekanik bahkan pembuatan animasi.

SketchUp ada dua kategori yakni gratis dan berbayar , untuk yang berbayar anda harus merogoh kocek dikisaran 4,5 juta rupiah dan memiliki kelebihan yaitu paket aplikasi Layout dan Style Builder. Bahkan anda dapat dengan bebas meng-export atau import program seperti format 3DS, format DXF dan DWG (AutoCAD), format 2D (jpeg, png, tiff, pdf) dan juga format animasi. Juga tersedia fasilitas Trimble 3D Warehouse sebagai tempat menyimpan dan berbagi model-model gambar SketchUp secara Online. Untuk mengunduh SketchUp anda bisa kunjungi situs www.sketchup.com dan tersedia juga situs tutorialnya di Youtube atau dapat dilihat langsung melalui link dibawah ini :


Saya sudah lama menggunakan versi gratisnya dan sudah banyak membantu untuk membuat perencanaan pekerjaan, sebagai contoh dapat dilihat pada gambar-gambar dibawah ini :




















Selamat berkarya... :)

Tidak ada komentar: