Kamis, 25 Oktober 2012

Hemat Air Dengan Mengurangi Alirannya


Air adalah komponen alam semesta yang diciptakan Allah SWT untuk menunjang kehidupan makhluknya. Dan tidak terelakkan lagi jika air merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Dari mulai makhluk sekecil virus sampai makhluk segede gajah pasti perlu air... ya iyalaah. Hal yang paling tidak mengenakkan soal air adalah saat harus membayar tagihan pemakaiannya, apalagi jika tagihannya melebihi dari estimasi budget yang sudah direncanakan sebelumnya...Slap !, pegang  jidat.

Artikel kali ini membahas mengenai trik mengurangi pemakaian air untuk di area umum (public area), karena  pemakaian air di area tersebut cukup sulit dikontrol konsistensinya, akibat dari ketidakpahaman maupun ketidakpedulian pemakainya. Salah satu dari sekian banyak cara adalah dengan mengurangi aliran air yang keluar melalui kran tersebut. Trik sederhana ini akan dijelaskan sebagai berikut :
  1. Siapkan bahan Teflon Batangan diameter 13mm karena ukuran diameter lubang kran-nya 12mm, seperti terlampir di Gbr.1. (untuk pembelian dapat di peroleh di Toko-toko yang menjual material Carbon dan plastik untuk packing, harga dikisaran Rp.40.000 dengan ukuran 13mmx1000mm per-batangnya). Pemilihan bahan Teflon ini selain teksturnya alot seperti plastik, juga tahan terhadap temperatur tinggi sekitar 200 Derajat Celcius sehingga dapat diimplementasikan untuk kran air panas.
  2. Potong setebal 10 mm kemudian lubangi tengahnya menggunakan mata bor ukuran 2 mm, dan masukkan potongan Teflon yang sudah dilubangi tersebut ke dalam kran, lalu masukkan Teflon hingga kedalaman 20 mm. Gbr.2

Gbr.1

Gbr.2

Pasang kran ditempatnya dan hasilnya akan langsung terlihat pada gambar terlampir, aliran air secara signifikan berkurang dan jika sebelumnya aliran air 3 detik/liter (melalui 3x pengukuran menggunakan wadah dan stopwacth). Setelah kran dimodifikasi aliran air menjadi berkurang menjadi 12 detik/liter. Bayangkan awalnya jika seseorang membuka kran tersebut hanya untuk cuci tangan yang normal-nya kran harus terbuka selama 10 detik, maka sekitar 3 liter air terbuang seketika. Setelah kita aplikasikan modifikasi menggunakan Teflon maka air yang terbuang berkurang dikisaran 1 liter saja, sehingga dapat membantu untuk mengurangi biaya pemakaian air yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Selamat mencoba...


Sebelum modifikasi

Sesudah modifikasi menggunakan Teflon


Thanks to : Basir and all Crew Engineer for the Idea...you guys are best

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau alirannya kecil apa pembayaran juga jadi lebih murah ?