Minggu, 02 Desember 2012

Visi dalam Bekerja




Ada dua orang teknisi sedang melakukan pekerjaan rutin untuk merawat pompa. Sekilas tidak ada perbedaan diantara keduanya. Cara kerjanya dan peralatan yang digunakan pun sama. Namun ada perbedaan jika keduanya ditanya "Apa yang sedang mereka kerjakan?". Teknisi A menjawab "sedang melakukan tugas rutin merawat pompa". Lain halnya dengan jawaban Teknisi B, "Saya sedang merawat pompa yang berfungsi untuk mendistribusikan air bersih yang sangat diperlukan oleh seluruh penghuni gedung ini". Kedua jawaban tersebut diatas jelas memiliki makna yang berbeda.

Jawaban Teknisi A dalam melakukan dan menjalani pekerjaan hanya memaknai sebatas apa yang dilakukannya, mengerjakan apa adanya yang penting pekerjaan selesai. Sedangkan Teknisi B melakukan dan menjalani pekerjaannya dengan menghayati sebagai sebuah tugas besar dan berhati-hati dalam mengerjakannya, karena dia sadar sedang mengerjakan pekerjaan yang begitu penting,....inilah yang disebut VISI. 

Sering kali kita rasakan berapa banyak dan berapa lama kita bekerja, namun tidak mendapatkan apa-apa selain gaji bulanan. Jawabannya karena tidak adanya visi, yang nampak seperti soal yang sederhana tapi memiliki dampak besar terhadap proses yang dijalani dan hasil dari pekerjaan yang dilakukan. Visi juga berpengaruh terhadap keteguhan dan keseriusan seseorang didalam menjalani pekerjaan dan dimaknai sebagai Maha karya dan mendapatkan kepuasan dari hasilnya.

Suatu organisasi yang lebih banyak diisi dengan orang seperti Teknisi A, berjalan rutin seperti robot. Tidak ada gairah, keberanian, dan motivasi. Sarat dengan stagnansi atau kemandegan. Hari-hari yang membosankan. Tapi berbeda jika organisasi yang banyak diisi dengan orang seperti Teknisi B, organisasi akan berkembang sangat dinamis dan inovatif. Orang-orang yang dipenuhi visi yang baik pasti akan menghasilkan hasil yang baik juga. Membuat hidup lebih hidup!, seperti hari-hari penuh perayaan dan gelegak semangat diiringi semburan gairah kerja. Sehingga dapat mengubah kalimat Engineering menjadi Enjoyneering. Hmmm.....bagaimana dengan kehidupan kerja anda?

Tidak ada komentar: